Selasa, 22 September 2009

PERTAMA SAPU BERSIH EROPA


GAUNG Juventus di tanah Eropa terhenti sejak 1999. ‘Si Nyonya Tua’ terakhir naik podium juara Turnamen Eropa pada Piala Intertoto 1999. Fakta ini mengenaskan tifosi Juve. Predikat sebagai tim pertama yang sukses menggasak semua trofi turnamen Eropa tercoreng.

Ya, Juve jadi tim pertama yang dinobatkan sebagai juara European Cup (sekarang Champions League), UEFA Cup Winners dan UEFA Cup begitu mahkota European Cup direngkuh pada 1985. Tiga legenda Juve, Gaetano Scirea, Antonio Cabrini dan Marco Tardelli jadi tulang punggung Juve di tiga kesuksesan tersebut. Ketiganya membantu Juve menyabet gelar UEFA Cup 1977, Cup Winners’ Cup 1984 dan European Cup 1985. dua bintang lainnya Stefano Tacconi dan Sergio Brio yang ikut dinobatkan sebagai pemain yang menyapu bersih turnamen Eropa, belum muncul di UEFA Cup 1977. keduanya memenangkan Juve di UEFA Cup 1990.
Pada 1987, ‘Si Nyonya Tua’ menerima The UEFA plaque (plakat) dari Asosiasi Sepakbola Eropa atas prestasi tersebut. Setelah Juve, Ajax Amsterdam dan Bayern Muenchen mendulang prestasi serupa. Ajax pada 1992 seusai merebut trofi UEFA Cup, sedangkan Muenchen sebagai juara UEFA Cup 1996.

Credits: ProGOL! newspaper




Tidak ada komentar:

Posting Komentar